Minggu, Maret 28, 2010

Menghapal 157 Ayat Al-Qur'an

Hari ini, tepatnya 28 Maret 2010 adalah hari ke-157 saya dan istri menghapal Al-Qur'an satu hari satu ayat. Kegiatan ini terinspirasi oleh ceramahnya Ustadz Yusuf Mansyur yang pernah datang ke kantorku untuk ceramah. Ayat mana sajakah yang sudah kami hapal?

Kami memulai menghapal Al-Qur'an berurutan sejak surat terakhir. Dan sebagai informasi surat ke-157 adalah Surat Ad-Dhuha ayat terakhir atau ayat 11. Dan besok mulai menghapal Surat Al-Lail. Selama 157 hari terakhir kami memang agak sedikit santai dalam menghapal, karena paling tidak lebih dari separo ayat sudah pernah kami hapal ketika masih kecil. Beberapa surat yang memang belum pernah kami hapal sebelumnya membuat kami harus berkali-kali membacanya. Surat-surat yang baru saja kami hapal adalah: Al-Adiyaat, Al-Bayinnah dan Al-Alaq. Beberapa surat sempat hapal tapi kurang pede adalah Al-Qariah, Al-Zalzalah, At-Tiin dan As-Syarh.

Mulai Surat Al-Lail saya dan istri sama sekali belum pernah mendengar ayat demi ayat di dalamnya. Inilah usaha menghapal yang sesungguhnya. Mudah-mudahan kami dapat melewatinya tanpa banyak tantangan berarti...Amin.

Jika kami sudah 157 ayat, Lalu anda sudah hapal berapa ayat?

3 komentar:

  1. hebat kak boy...Insya Allah kami sekeluarga bisa ikutan menghapal. Amin.

    sukses

    BalasHapus
  2. Yasiin Aja dulu Boy, udah 83

    BalasHapus
  3. Gak pake target spesifik surat apa Wan, yang penting jalanin aja semuanya. Toh semuanya lebih dari enam ribu ayat yang baru kelar di sekitar tahun 2026

    BalasHapus