Senin, Februari 14, 2011

Family Trip to Kuala Lumpur (2nd - Preparation)

Persiapan yang baik adalah awal dari suksesnya perjalanan. Kami punya waktu kira-kira enam bulan untuk mempersiapkan perjalanan ini. Dan inilah yang kami persiapkan untuk perjalanan kali ini.

Pertama yang dipersiapkan adalah paspor. Saya dan istri sudah habis masa berlakunya ketika Februari 2011. Saya berhasil mendapatkan paspor sejak Desember 2010 dengan susah payah dan pernah saya ceritakan di posting saya sebelumnya. Namun istri saya tidak berhasil mendapatkan paspor sampai tanggal 9 Februari 2011 sehingga dia terpaksa tidak ikut trip ke Kuala Lumpur kali ini. Kami sudah berkomitmen, bahwa jika memang tidak berhasil memperpanjang paspor, maka konsekuensinya adalah ditinggal, dan itu menjadi kenyataan. Keluarga yang lain tidak perlu kesulitan membuat paspor karena rata-rata di awal 2010 mereka semua sudah memperpanjang dan membuat paspornya.



Kedua adalah Uang Kas. Uang memang bukan segalanya, tapi tetap yang paling utama!! Empat hari tiga malam berada di Kuala Lumpur tentunya kita harus menyiapkan uang yang cukup besar, apalagi jika berniat ingin belanja.

Ketiga adalah Jadwal Acara. Seperti trip sebelumya, kali ini pun saya dan istri yang membuat rencana perjalanannya. Namun belajar dari pengalaman trip sebelumnya, kali ini acara kami ajukan dua bulan sebelum keberangkatan, sehingga uang kas yang akan digunakan dapat diprediksikan. Seperti biasa, kami banyak mengumpulkan data, seperti dari Internet, buku dan pengalaman teman-teman yang sudah pernah ke Kuala Lumpur. Dari dua bulan sebelumnya sudah terlihat budget per orang untuk trip ini, yaitu sekitar RM 245 untuk dewasa dan RM 180 untuk anak-anak. Selanjutnya budget tersebut dikoreksi menjadi RM 252 untuk dewasa dan RM 180 untuk anak-anak karena istri saya tidak jadi ikut.

Keempat adalah Printilan. Maksud printilan disini adalah hal-hal yang juga penting tapi tidak terlalu esensial. Contohnya adalah print tiket airasia dan tune hotel. Memang kesannya sepele tapi cukup signifikan menghemat pengeluaran dan mempermudah urusan. Dan juga mempersiapkan tas yang agak besar untuk bawa oleh-oleh lebih banyak untuk belanja.

Langsung tinggal tunggu Hari-H, trus cek dan ricek lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar