Selasa, Januari 15, 2008

Jual Mobil untuk Beli Rumah atau Apartemen

Awal tahun ini, aku mengiklankan mobil BMW-ku untuk dijual. 1 minggu setelah itu, mobilku akhirnya terjual. Harganya gak usah disebut lah, gak enak. Yang penting BMW-ku itu telah jatuh ke tangan penggemar BMW dan mudah-mudahan dirawat dengan baik, karena sudah 1 tahun terakhir ini dia kurang dirawat.

Selanjutnya adalah apa yang akan dilakukan dengan uangnya? Sebagian kecil dipakai untuk menambah ganti mobil keluarga, dan sebagian besar rencananya dipakai untuk uang muka rumah atau apartemen. Apartemen pengennya nyari yang agak tengah kota, sedangkan rumah yang penting aksesnya dekat ke jalan besar, sehingga jika suatu saat pulang malam, ongkosnya tidak terlalu memberatkan.

Sampai saat ini sudah ada beberapa kandidat, untuk apartemen, sementara ini kebagusan city masih menjadi lokasi yang bagus, namun terlalu sempit karena cuma 20 meter persegi. Untuk rumah sementara ini yang bagus adalah di Cibubur Residence, dengan harga yang masih terjangkau.

Rencana berikutnya adalah masa cicilan. Untuk apartemen dibatasi hanya 5 tahun, dengan asumsi setelah itu dapat dijual dan uang jualannya dapat digunakan untuk uang muka rumah yang lebih besar atau lokasi yang lebih baik. Untuk rumah dibatasi hanya 10 tahun, dengan asumsi rumah kecil saja, dan ketika nanti udah punya anak yang semakin besar, pindah ke tempat yang lebih besar atau membuat tingkat rumah tersebut.

Untuk realisasi hal tersebut, saat ini lagi getol-getolnya untuk bertanya mengenai KPR dari berbagai bank. Memang lokasi yang ada juga sudah menyediakan bank penjamin KPR, tapi akan lebih baik jika kita mengetahui skema KPR di bank lain, apalagi yang kita menjadi nasabahnya. Sekarang ini baru dapat sedikit info dari Bank Mandiri, mungkin ingin mencari dari BCA ataupun Bank Syariah.

Tapi untuk supaya semua itu terwujud, harus ada suntikan dana dari pihak ketiga (ortu dan mertua maksudnya) untuk menambah-nambah uang muka. Nilainya mungkin bisa di atas 10 jt tapi yang pasti di bawah 50 jt.

Jadi sekarang ini, terus berusaha mencari informasi selengkap-lengkapnya dan harus yakin menentukan pilihan. Mungkin ada yang mau membantu?

1 komentar:

  1. cibubur residence aja pak,nanti tetanggaan sama saya, hehehehheheehhe. sy ambil yg di bulevard nya

    BalasHapus