Kamis, Mei 26, 2011

Lari 50 Km Sebulan

50 Km? Wah jauh banget! Langsung tuh larinya?

Ya gak lah, kan dalam sebulan. Kalo sebulan 30 hari, artinya kalo tiap hari lari paling gak harus lari 1,5 - 2 km untuk mencapai 50 km.

Oh kalo gitu mah biasa......

Betul, memang biasa, yang gak biasa adalah disiplin lari 1,5 - 2 km per hari yang sulit dimaintain.

Terus terang baru bulan Mei 2011 ini saya berhasil berlari secara total sejauh 50 km. Memang selama ini pernah juga lari, tapi gak pernah dihitung dan rasanya blom pernah yang totalnya 50 km sebulan.
Semenjak pertengahan April 2011 saya sudah mulai menyukai olahraga lari. Untuk menjaga motivasi, saya buat target menjelang Mei 2011 untuk berlari sejauh 50 km di bulan Mei 2011. Jika gagal maka saya akan berikan tiap follower saya di twitter sebanyak satu donat J.Co. Syaratnya tentu saja harus me-retweet tweet saya tersebut. Jadilah dua orang follower saya respon, satu adik saya yang meminta setengah lusin, dan satu lagi teman kerja yang setuju dengan satu buah donat.

Walaupun resiko jika saya gagal cukup kecil, namun saya tetap bersikeras menjalankan target yang saya pasang ini. Saya berulang kali memberitahukan kepada follower twitter saya akan capaian lari saya per harinya. Sampai hari Senin 23 May 2011, saya telah berlari sejauh 49 km secara akumulatif. Artinya tinggal 1 km lagi menuju 50 km. Dan angka itu pecah di siang hari, Kamis 26 May 2011 di gym kantor karena saya berlari sejauh 3 km di treadmill.

Akhirnya saya berhasil mencapai 50 km, bahkan hingga hari ini sudah mencapai 52 km.

Target bulan depan : 50 km juga. Kenapa gak bertambah?

Rupanya setelah membaca buku Running for Fitness, sebagai pemula saya tidak boleh menambah jarak maupun kecepatan secara ekstrim. Penambahan jarak dan kecepatan hanya boleh dilakukan secara bertahap, demi mengurangi resiko cedera. Disebutkan di buku tersebut bahwa napas kita akan lebih cepat beradaptasi dengan kebiasaan lari kita, namun tubuh tidak cepat beradaptasi. Oleh karena itu akan mudah bagi seseorang untuk memasang target lari 10 km dalam beberapa bulan tanpa pernah lari sebelumnya, namun resiko untuk mengalami cederanya pun juga sangat tinggi.

Jadi, untuk menghindari diri dari cedera dan menjaga konsistensi lari saya, maka saya menargetkan untuk memaintain jarak lari saya bulan depan.

Konsistensi dan sabar adalah kuncinya. Milestone saya berikutnya adalah lari 30 menit non-stop minimal satu kali dalam seminggu. Semoga bisa dicapai bulan depan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar