Jumat, Juli 09, 2010

Partai Final 2010 : Belanda vs Spanyol

Sudah jelas kini tim dari negara mana yang akan bertanding di partai final piala dunia 2010. Tim oranye Belanda melawan tim matador Spanyol. Keduanya telah berhasil menunjukkan kualitasnya sebagai tim yang memang layak masuk final. Belanda pernah mengalahkan Brasil di babak perempat final, lalu susah payah menekuk Uruguay di semifinal. Spanyol berhasil membungkam Portugal di babak perdelapan final serta mencengangkan banyak orang dengan menekuk Jerman di semifinal.



Kedua tim ini sejak awal sudah memainkan sepakbola yang menyerang. Hal ini terbukti dari statistik pertandingan masing-masing tim yang selalu mengungguli lawan-lawannya. Belanda, walaupun dikritik karena tidak memainkan gaya total football, namun tetap saja di setiap permainan tim ini menguasai jalannya pertandingan. Spanyol pun demikian, bahkan hanya melawan Jerman saja statistik penguasaan bolanya tidak terlalu menonjol. Selebihnya bisa dikatakan bahwa permainan Spanyol dengan lawan-lawannya hanyalah permainan satu sisi, bahkan saat Spanyol dipaksa bertekuk lutut di hadapan Swiss pada pertandingan perdana.

Kedua tim juga memiliki kwartet yang sangat baik untuk level Internasional. Belanda memiliki Robin van Persie, Arjen Robben, Wesley Sneijder dan juga Dirk Kuyt. Sedangkan Spanyol memiliki Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Xabi Alonso dan Sergio Busquets. Bahkan dari kwartet ini bisa berubah menjadi kwintet jika Rafael Van Der Vaart dan Cesc Fabregas tampil di lapangan. Bedanya kwintet di tim Spanyol semuanya pemain tengah, sedangkan di tim Belanda gabungan antara gelandang serang dengan penyerang. Dengan kata lain jika mau dibilang kekuatan serangan kedua tim adalah berimbang karena ke sepuluh pemain yang saya sebutkan di atas merupakan pemain-pemain kunci di klubnya masing-masing.

Dilihat dari jumlah gol yang berhasil dibukukan oleh kedua tim, maka tim Belanda lebih unggul daripada Spanyol dengan 12 berbanding 7. Namun Belanda juga lebih banyak kebobolan daripada Spanyol dengan 5 berbanding 2. Walaupun jumlah golnya sedikit, namun Spanyol memiliki lebih banyak kesempatan menendang ke arah gawang dengan perbandingan 103 dan 80.

Sampai dengan pertandingan semifinal beberapa hari yang lalu, Belanda masih membukukan rekor 100% kemenangan. Jika Belanda berhasil menjadi juara nanti, maka hal itu merupakan torehan manis bagi tim tersebut. Sedangkan Spanyol sudah mengalami sekali kekalahan di partai perdana. Namun itulah pertama kali Spanyol mengalami kekalahan di partai awal piala dunia, dan sekali ini pula Spanyol berhasil masuk ke partai final. Tim sebelumnya yang seperti Spanyol adalah tim Argentina di tahun 1990 dimana pada pertandingan pertamanya takluk di tangan Kamerun, namun berhasil masuk ke partai final sebelum ditaklukan Jerman lewat titik putih di menit 80-an.

Kali ini saya tidak akan memprediksi pertandingan final ini, namun ada fenomena menarik mengenai prediksi pertandingan yang tidak bisa dianggap remeh. Paul si Gurita sampai saya menulis tulisan ini telah berhasil memprediksi 6 pertandingan dengan keakuratan 100%. Dan menariknya, untuk pertandingan final, Paul memprediksi Spanyol yang akan memenangkan pertandingan.

Apakah Paul kali ini benar? Mari kita saksikan saja tayangan pertandingan final piala dunia 2010 hari Senin pagi mulai pukul 01.30 WIB. Semoga pertandingan tersebut berjalan ketat dan menarik, dan kita mendapatkan juara baru piala dunia seperti ketika tahun 1998 dimana Perancis tampil menjadi juara baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar