Selasa, Juni 08, 2010

Perkiraan Final Piala Dunia 2010 : Belanda vs Italia

Piala dunia 2010 di Afrika Selatan tinggal tiga hari lagi. Tentunya sudah banyak perkiraan mengenai tim-tim mana saja yang akan berjaya di piala dunia kali ini. Kali ini saya akan menganalisa perjalanan setiap tim ketika menghadapi piala dunia yang tinggal beberapa hari lagi.

Analisa tersebut didasarkan oleh pertemuan dari masing-masing tim (head-to-head, bisa dilihat dari website Fifa di http://www.fifa.com/worldfootball/statisticsandrecords/headtohead/index.html), dan jika nilai head-to-head dinilai sama atau tidak ada data, maka tim yang negara berada pada daerah waktu atau benua yang sama dari waktu Afrika Selatan memperoleh keunggulan. Tim tuan rumah memiliki keunggulan satu kemenangan lagi dengan tim yang akan dihadapinya. Jadi misalnya tim Afrika Selatan bertanding dengan tim Meksiko, maka jika dilihat dari head-to-head, maka Meksiko unggul 2-1. Namun karena Afrika Selatan sebagai tuan rumah dan dia tinggal di waktu yang pasti sama dengan waktu pelaksanaan piala dunia, maka Afrika Selatan mendapatkan 2 poin tambahan, sehingga di analisa saya Afrika Selatan akan mengungguli Meksiko.

Demikian pula dengan tim-tim lainnya yang bertanding. Namun tentu ada pengecualian dimana Korea Utara biar bagaimanapun tidak akan pernah menang melawan Brasil. Walaupun kedua tim sama-sama belum pernah ketemu dan sama-sama tidak berada di waktu daerah yang sama dengan Afrika Selatan, tentunya sudah 99% dipastikan Brasil akan menang lawan Korea Utara.

Mari kita mulai analisa piala dunia!!

Untuk mempersingkat tulisan, maka saya meniadakan unsur kejutan dalam piala dunia kali ini. Sehingga tim-tim yang akan menuju babak kedua adalah sebagai berikut:

Grup A :
I. Afrika Selatan
II. Perancis

Grup B :
I. Argentina
II. Nigeria

Grup C :
I. Inggris
II. Amerika Serikat

Grup D :
I. Jerman
II. Ghana

Grup E :
I. Belanda
II. Kamerun

Grup F :
I. Italia
II. Paraguay

Grup G :
I. Brasil
II. Portugal

Grup H :
I. Spanyol
II. Chili

Sesuai jadwal piala dunia resmi dari Fifa.com, maka yang akan bertanding untuk babak kedua adalah sebagai berikut :

I. Afrika Selatan vs Nigeria --> Nigeria

II. Inggris vs Ghana --> Inggris

III. Belanda vs Paraguay --> Belanda

IV. Brasil vs Chili --> Brasil

V. Argentina vs Perancis --> Argentina

VI. Jerman vs Amerika --> Jerman

VII. Italia vs Kamerun --> Italia

VIII. Spanyol vs Portugal --> Spanyol

Kemudian pertandingan di babak delapan besar adalah sebagai berikut :

I. Nigeria vs Inggris --> Nigeria

II. Belanda vs Brasil --> Belanda

III. Argentina vs Jerman --> Argentina

IV. Italia vs Spanyol --> Italia

Babak semifinal akan memainkan partai sebagai berikut :

I. Nigeria vs Belanda --> Belanda

II. Argentina vs Italia --> Italia

Untuk babak final yang mempertemukan Belanda dan Italia akan sangat sulit ditebak siapa pemenangnya. Jika dilihat dari Head-to-Head kedua tim di semua kompetisi maka Italia menang 7-3, tapi Belanda pernah mengalahkan Italia di Piala Dunia yang merupakan pertemuan satu-satunya kedua tim tersebut di ajang bergensi tersebut.

Apakah mungkin Italia mempertahankan gelar juara dunianya? Ataukah kali ini giliran Belanda yang berjaya?

Mari kita saksikan bersama-sama pergelaran Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan mulai 11 Juni 2010.

1 komentar:

  1. wah, bos.., dah meleset tuh prakiraan nya.. :P

    1. Nigeria udah masuk kotak..
    2. Afsel jg, stlh liat game pertama, tak mungkin lah afsel bisa lolos.. i think they are lucky coz they are the host country. Kalo ngga, belum tentu lolos di kualifikasi PD2010.
    3. dari grup B, gw ada feeling korsel bakal lolos deh.. soalnya, di game terakhir, nigeria pasti pingin menang utk save face, mrk akan maen terbuka, dan ini bisa dimanfaatkan oleh korsel.
    sedangkan yunani berhdpn dgn gaya permainan terbuka dan cepat dari argentina, mrk sdh pernah di'expose' oleh korsel, apalagi oleh argentina.
    Selisih gol dan jumlah memasukkan gol oleh yunani dan korsel pada saat ini sama, jd tak ada keunggulan, tapi head to head, korsel di atas angin. So, yunani tdk akan mau bermain defensive utk cuma seri lawan argentina. Inilah yg akan di expose oleh argentina: kalo loe serang argentina, maka pertahanan loe akan terbuka. Liat aja korsel td, mereka maen terbuka lawan argentina, ya dihabisin sama argentina.
    So, chance nya korsel yg lolos, bukan yunani.
    Tapi kalo korsel dan yunani kalah, berarti Nigeria yg lolos.. hehe
    4. gw rasa portugal ga bakal lolos dari penyisihan. yg lolos brazil dan ivory coast. portugal dan pt.gading diatas kertas sdh pasti kalah dari brazil, tapi korut bisa mengejutkan portugal dgn permainan defensive 5 bek nya. Sementara pt.gading mempunyai kecepatan, tinggi badan, dan satu lagi yg tdk dimiliki brazil maupun portugal : power. Dan ada satu lagi faktor x nya: pelatih Erikson. Banyak pemaen top di portugal, tp pelatihnya cuma carlos queroz. Dlm keadaan genting, bisa saja ego pemaen ngalahin petunjuk pelatih. Lain lagi dgn pt.gading, erikson pelatih mumpuni, dan didengerin oleh pemaen2nya.
    5. kalo belanda maennya kayak kemaren, jgn harap bisa ngalahin brazil deh :)

    BalasHapus