Selasa, Desember 29, 2009

Satu Hari Satu Ayat

Dua bulan yang lalu Ust. Yusuf Mansur mampir ke kantor kami untuk memberikan tausyiah zuhur. Isi tausiyahnya adalah mengajak kepada para jamaah untuk menghapalkan Al-Quran, sebanyak satu ayat satu hari. Hei, sepertinya mudah, tapi kalo diitung-itung kan Al-Quran punya 6000-an ayat, kalo dijadiin tahun bisa sampe 20 tahun tuh....lama juga ya utk bisa hafidz(hapal) Quran.

Hari itu juga malamnya, saya utarakan niat menghapal Quran sehari satu ayat ke istri. Tanggapan istri cukup baik, tapi mulai dari mana.... Saya mengusulkan mulai dari Juz Amma, Surat An-Nas dan seterusnya hingga akhir Juz Amma. Saya bilang ke istri, selama ini hapal Quran kan cuma yang diapal sejak kecil, tidak ada perkembangan. Jadi misalkan suatu saat kita bosan dan gak konsisten, paling gak hapalan Qurannya bertambah dari sekedar Qulya-Qulhu....

Hari ini, sudah hampir 70 hari sejak tausiyah Yusuf Mansur. Sudah menyelesaikan dari mulai An-Nas hingga At-Takatsur. Tahun 2010 dimulai dengan Al-Qariah. Semoga hapalan Quran semakin banyak, dan nanti akan kepake ketika tarawih bersama istri ramadhan depan. Mudah-mudahan koleksi surat dan ayat semakin meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar