Kamis, Agustus 19, 2010

Bulan Puasa, Apa Yang Telah Kamu Perbuat?

Bulan Puasa sudah berlangsung hampir 10 hari. Selama itulah kita disibukkan oleh aktifitas yang tidak biasa sehari-hari, yaitu menahan lapar dan haus di siang hari. Aktifitas di dalam kantor pun berubah. Tadinya istirahat siang banyak dihabiskan dengan makan siang bareng teman kantor, kali ini banyak dihabiskan di mushala atau masjid sambil mendengarkan tausiyah dari ustadz yang diundang ke mushala atau masjid kantor. Satu hal yang tidak berubah hanyalah mendengarkan tausiyah dengan mata tertutup, alias sambil tidur siang....hehehe



Ketika bulan puasa adalagi kebiasaan yang tidak pernah dilakukan di bulan lain. Kebiasaan tersebut adalah Shalat Tarawih dan Tadarus Al-Quran. Shalat Tarawih biasa dikerjakan setelah melaksanakan Shalat Isya terlebih dahulu. Jumlah rakaatnya ada yang 11 rakaat (termasuk Shalat Witir) ada juga yang 23 rakaat (termasuk Shalat Witir). Biasanya yang 11 rakaat bacaan suratnya agak pelan, sedangkan yang 23 rakaat bacaan suratnya secepat kilat.

Tadarus Al-Quran juga banyak dimulai ketika memasuki bulan puasa. Banyak orang yang mengaji mulai dari Juz 1, Surat Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan Surat Al-Baqarah. Saat ini sudah hampir 10 hari, banyak yang sudah mencapai 10 juz, namun ada juga yang belum memulai sama sekali.

Kegiatanku selama bulan puasa memang sedikit berbeda daripada bulan-bulan lainnya. Bangun jam 4 pagi untuk sahur menandai permulaan hari selama 10 hari terakhir. Kemudian bila hari kerja, berangkat kerja jam 6 pagi sambil menunggu shuttle yang akan mengantarkan saya ke kantor. Sampai di kantor melakukan kerja seperti biasa, namun diselingi oleh mengerjakan Shalat Dhuha dan membaca Al-Quran satu-dua halaman sekitar jam 9 pagi.

Jam istirahat diisi dengan kegiatan di dalam masjid kantor yang mengundang ustadz, kiai atau habib membawakan tausiyah zuhur. Biasanya ketika tausiyah saya melakukan dua hal, pertama melanjutkan membaca Al-Quran beberapa halaman, lalu diikuti dengan menutup mata sekitar 15-30 menit untuk mengurangi kantuk karena bangun jam 4 pagi.

Sehabis istirahat siang kerja sudah tidak terlalu efektif. Karena praktis kita hanya punya waktu selama 2 jam untuk melanjutkan pekerjaan. Ini disebabkan kebijakan kantor yang memberikan dispensasi selama 30 menit bagi karyawan untuk pulang lebih awal. Sehingga ketika jam 3 sore, maka konsentrasi kerja sudah mulai buyar karena kita tinggal menunggu waktu Shalat Ashar berkumandang, dan setelah Ashar banyak karyawan yang langsung menuju luar kantor untuk langsung pulang.

Saya sendiri pulang sekitar jam 4 untuk menjamin pulang ke rumah sebelum adzan Magrib berkumandang. Jalanan Jakarta ketika bulan puasa memang memiliki khas tersendiri. Jika anda telat bangsa 5-10 menit pulang dari kantor, maka kemungkinan besar anda tidak akan sampai rumah sebelum Magrib. Namun jika anda pulang abis adzan Magrib, katakanlah anda berbuka Ta'jil dan melaksanakan shalat terlebih dahulu, maka anda akan menjumpai jalanan Jakarta yang lenggang. Betul-betul unik.

O ya, sampai saat ini saya telah membaca Al-Quran sebanyak 4 juz, dan saat ini sedang berada di juz ke-5. Memang agak terlambat, tapi saya berhasil mendapatkan Al-Quran yang berbentuk pdf yang dapat dimasukkan ke ebook reader Sony saya sehingga membaca Al-Quran terasa begitu mengasyikan.

Untuk urusan Shalat Tarawih saya tahun ini betul-betul parah. Dari 10 hari bulan puasa, saya baru satu kali melaksanakan Shalat Tarawih. Entah kenapa ada saja alasan dan aktifitas yang membuat saya tidak dapat melaksanakan Shalat Tarawih. Ketika ingin melaksanakannya, hari sudah tengah malam, sehingga rasa kantuk saya lebih berat menguasai diri saya daripada mengerjakan Shalat Tarawih.

Jadi, target untuk 20 hari bulan puasa tersisa adalah menamatkan Shalat Tarawih. Menamatkan bacaan Al-Quran 30 juz. Tidak melewatkan Shalat Dhuha, dan memperbanyak sedekah....

Yuk kita kawal Targetku di bulan puasa ini. Jika anda melihat saya melenceng, mohon segera tegur saya! Kumohon!!

1 komentar:

  1. Ayo boy, semangat! hehe jangan kalah dengan downloadnya yang sudah mendekati 20 juz eh giga hehehe

    BalasHapus