Kamis, November 22, 2007

Review Pemakaian Betrix Ice

Huah, akhirnya mau nulis juga tentang pengalaman memakai Betrix Ice.

Aku mulai pakai sepeda listrik betrix mulai bulan juli 2007. Hingga saat ini, berarti udah hampir 5 bulan (november 22, 2007).

Secara keseluruhan Betrix Ice tidak mengecewakan, karena bisa dipake dengan cukup reliable untuk keperluan rutin ke kantor.
Untuk sekedar tahu aja, Betrix Ice itu bentuknya mirip sepeda mini, ada boncengannya, tapi standarnya gak dapat keranjang, nanti mau beli ah keranjangnya, biar lebih mantap gitu loh...

Selama ini saya pake Sepeda untuk ke kantor, dari Kebon Jeruk daerah Kelapa Dua ke Cilandak Komersial Estate, atau jaraknya kira-kira 20 km.

Waktu tempuh saya selama memakai sepeda listrik rata-rata 1 jam. Tentunya selama memakai Ice, saya menggunakan berbagai macam mode yang ada di fasilitas sepeda. O ya, mode yang ada itu ada 3 macam, yaitu

1. Dijalankan dengan cara digas seperti motor, ini adalah defaultnya. Bisa digas atau digoes. Tinggal pilih!!!
2. Cruise Control, ini mode yang paling enak, gak capek
3. Pedal Assist, kalo yang ini selama kita meng-goes motor listriknya akan selalu berputar.

Jadi saya biasanya menkombinasi penggunaan, terutama kalau keadaan lalu lintas berubah-ubah. Kalo lalu lintasnya sepi-sepi sendiri mah enakan cruise control, gak ada gangguan, dan lebih cepat sampai.

Awal berangkat dari rumah biasanya saya memakai mode pedal asist, supaya paling tidak meng-goes, walaupun goesannya gak terasa, karena hanya seperti goes sepeda statis yang dengan tingkat beban paling rendah. Pakai mode ini sebenarnya paling efisien, karena pemakaian batere lebih irit, sepeda bergerak pada kecepatan konstan tidak full speed. Kaya kalau pake mobil ato motor kalo stabil di jalan tol tanpa digeber, kan bensinnya bisa irit banget tuh.

Pedal asist juga berguna untuk daerah tanjakan. Karena terus terang aja, betrix Ice kurang kuat kalo diajak nanjak hanya mengandalkan kekuatan motor listrik. Jadi harus ditambah dengan goesan sedikit, jadinya lumayan gak terlalu berat goesannya.

Nah pedal asist ini agak susah dipake kalo macet, karena dalam beberapa goes, eh motornya nyala dan nyentak sedikit. Kalo macet berendeng kan repot, tiap kali harus mencet rem untuk matiin motornya, dan malah bikin boros. Makanya kalo macet ya kembali ke sepeda manual aja, goes trus, kalo udah mulai lancar, baru deh pasang pedal asist lagi.

Kalo yang cruise control ini enak untuk jalanan lurus, datar dan puanjang. karena kita bisa sampe lepas tangan segala kok, walaupun kalo di jalanan disalip mulu ama sepeda motor dan mobil. Ya, harus sabar, namanya juga kecepatannya terbatas, yang penting kan waktu tempuh stabil, kalo 1 jam, ya 1 jam, paling deviasi paling banter 10 menit.

Gak enaknya cruise control ini kalo banyak halangan sehingga kita harus memencet rem berkali-kali. Kurang nyaman rasanya, dan mungkin menghabiskan batere lebih banyak. Jadi harus benar-benar yakin kalo daerah yang akan ditempuh tidak banyak kendaraan lain, baru deh pake cruise control.

Sedangkan yang mode default, kita bisa memilih untuk ngegas atau ngegoes. Kalo ngegas ya mirip kalo pake sepeda motor, tinggal gas, motor berputar, sepeda jalan. Di gas makin dalam, ya makin ngebut, tapi ya itu ada batas kecepatannya. Kabarnya sih cuma sekitar 35 km/jam. Tapi aku kurang suka terlalu lama di mode ini, paling-paling dipake kalo macet di daerah tanjakan. Soalnya kalo pake pedal asisst dia kan nyentak dan langsung pada kecepatan tertentu. Kalo pake mode ini kita bebas nentuin seberapa besar kecepatan yang kita inginkan ditambah dengan sedikit goesan. Sehingga kalo jalan pelan-pelan di tanjakan tetap bisa berjalan dengan lancar tanpa terlalu berat ngegoes.

Nah, sekarang kita bicara tentang batere. Batere di 2 bulan yang lalu sempet agak ngedrop, ketika dicharge dengan kondisi sudah full, tapi kemampuannya kok ngedrop banget. Yang biasanya pake mode motor listrik trus (cruise control, gas, ama pedal assist) dari full batere drop hingga setengah. Tapi ini bisa drop hampir habis. Makanya saya trus eksperimen pake sampe habis, trus charge sampe benar-benar full, eh sekarang kembali lagi kemampuan baterenya hampir seperti semula. Namun yang sekarang waktu chargenya agak lebih lama. Kalo dulu ketika dipake satu trip biasanya 5 jam charge udah penuh lagi, sekarang bisa sampe 8 jam baru penuh lagi.....sekarang masih dalam tahap ngetes batere, mudah2an masih bagus trus. Tapi kan kalo ngedrop nanti bisa klaim lagi ke betrix pusat, kan ada garansi 6 bulan untuk batere.

O ya, betrix ice ini pernah juga dipake saat hujan, bahkan pernah kehujanan saat diparkir. Gak masalah tuh, cuma yang pasti pas pake saat hujan ketika hujan udah mulai reda atau rintik-rintik lagi, jangan pas lagi deras-derasnya lah, itu mah cari penyakit. Kalo ngadepin banjir sampe saat ini blom pernah, takut juga sih, soalnya ada yang bilang kalo motor listriknya kerendam ya gim over, entah deh, semoga gak perlu berjibaku dengan banjir deh.

Trus juga gimana secara finansial dalam menggunakan betrix ice? Hm, hitungannya selama 4 bulan lebih pake ini, biaya transport bisa sangat berkurang. Kalo pake mobil, minimal habis 100 ribu per minggu untuk bensin doank. Kalo pake motor minimal habis 10 ribu per minggu untuk bensin doank. Nah ini bisa sampe nol loh!!! iyalah, gimana gak nol, wong gak ada biaya...Ngecharge kan bisa di kantor. Malah awal-awal dulu kalo charge di kantor doank. Tapi kemarin karena baterenya lagi agak eror, maka di rumah pun juga ngecharge. Nanti kalo bener stabil lagi, maka ngecharge cukup di kantor aja. Hemat kan?? Gak pake perawatan lagi, wong cuma sepeda, palingan dicuci aja kalo kotor. atau dicek tekanan angin pada bannya. Dah itu aja, apalagi, hm, palingan cek-cek baut-baut, apakah ada yang longgar apa gak, lagian kalo ada yang longgar biasanya langsung ketauan, kan goyang-goyang dia. Jadi selama ini, aku itu hanya mengandalkan uang 500ribu udah termasuk biaya makan siang untuk 1 bulannya. Gaji selebihnya bisa ditabung untuk kumpul-kumpul bayar uang kuliah.

Trus kalo yang mau menghemat uang pake ini bisa nih. Misalnya jarak rumah ke kantor, katakanlah 10 km. Naek apa enaknya ya?

Mau pake bis, kadang sampe 2 kali ganti bis, tambah jalan kaki paling gak 300 meter dari gerbang komplek sampe ke rumah. Waktu tempuh itu bisa 1 jam rata-rata. Biaya langsung yang keluar adalah biaya bis 2 kali biasanya 4ribu rupiah. Bolak balik menjadi 8ribu rupiah. 1 minggu habis 40 ribu rupiah. Kenyamanan yang didapati, bersesak-sesakan.

Mau naek mobil sendiri, nah ini mungkin lebih cepat dari naek bis. Karena minimal jalan yang 300meter ke gerbang komplek bisa lebih cepet. Waktu tempuh mungkin 45 menit rata-rata. Biaya langsung adalah bensin. Bolak-balik 20 km, artinya menghabiskan 2-3 liter per hari. Satu minggu, artinya dikali 5, yaitu 10-15 liter, atau paling gak ya 75ribu. Ya semoga aja parkir di kantor gratis dan gak perlu lewat tol.

Mau pake motor, ini pasti lebih cepat dari naek kedua kendaraan di atas. Kalo lagi agak kosong, mungkin bisa ditempuh dengan 25 menit. Biaya langsung ya bensin. Bolak-balik 20 km, berarti menghabiskan 1/2 liter per hari. Kalo 5 hari, ya 2,5 liter deh, ya anggap aja 15 ribu.

Kalo pake sepeda biasa, ini yang paling ideal. Jarak tempuh mungkin hampir sama dengan mobil, skitar 40-50 menit. atau bisa juga 1 jam kalo banyak daerah tanjakan. Biaya langsung, gak ada. Namun ada biaya effort yaitu keringatan. Kalo 10 km sepelan apapun kita genjot pasti keringetan. Kalo genjot pelan ya waktu tempuh juga makin lama.

Kalo sepeda listrik, jarak tempuh mungkin 30 menit. Biaya langsung pun gak ada. Malah kadang gak perlu keringatan kalo memakai motor listrik trus. Charge tinggal colok aja ke colokan listrik kantor, gak ada biaya listrik tambahan deh. Trus kalo bolak-balik cuma 20 km, artinya ngecharge tiap 2 hari aja, masih bisa kok, masih bersisa banyak.

Jadi sekarang kita liat summarynya

1. Bis, 40 ribu per minggu = Rp 2,080,000 per tahun
2. Mobil, 75 ribu per minggu = Rp 3,900,000 per tahun
3. Motor, 15 ribu per minggu = Rp 780,000 per tahun
4. Sepeda, 0 per minggu = Rp 0 per tahun
5. Sepeda listrik, 0 per minggu = Rp 0 per tahun

Eh, rupanya kalo sekarang anda yang biasa pake mobil ke kantor, trus beli sepeda listrik untuk ganti, artinya tahun depan anda bisa saving uang untuk membeli sepeda listrik kedua. Karena kan harga Betrix Ice itu sekarang ini Rp 3,980,000 per unit.

Lumayanlah, uang segitu bisa loh untuk beli laptop EE PC-nya Asus yang dipromosikan saat indocomtech lalu.....

Ayo galakkan penggunaan sepeda....atau kalo masih belum mau bersepeda, cobalah sepeda listrik untuk melatih kemampuan anda, setelah merasa mampu, pakailah sepeda. Bayangkan, berapa juta rupiah yang bisa anda hemat, dan berapa juta liter BBM yang dapat dihemat pemerintah untuk subsidi bila ribuan, atau bahkan jutaan orang beralih ke sepeda.

Sepeda listrik hanyalah transisi. Penggunaan sepeda biasa adalah tujuan. Mari Ciptakan udara bersih, minimal dari diri kita sendiri untuk tidak menghasilkan polusi di udara Jakarta.

8 komentar:

  1. Om, Saya juga tertarik dengan Betrix Ice sejak tahun lalu walaupun saat ini saya selalu naik sepeda ke kantor. Belum lama ini saya tertarik ingin memilikinya.

    Boleh di review lagi setelah 1 tahun ini. Bagaimana kelemahan - kelemahannya ?

    Terima kasih,
    prima

    BalasHapus
  2. samape hari ini gimana batere sepeda listriknya oom?

    BalasHapus
  3. batere masih kuat tuh, pokoke dibawa pulang pergi kantor masih kuat kalo awalnya penuh. Brarti masih bisa 40-an km asal menggunakan mode pedal assist ya.

    kelemahannya apa ya? mungkin pernya kurang enak, jadi kalo kena jalan jelek, rasanya kaya metro mini nginjek jalan jelek gitu deh....hehehe

    BalasHapus
  4. dealernya di daerah jakarta dimana ya bos?

    BalasHapus
  5. Menurut website Betrix www.betrix.co.id, di wilayah DKI ada Betrix Jakarta Timur (di Jatiwaringin) dan Betrix Kelapa Gading (di Jl. Kelapa Sawit). Ada juga di BSD, Karawang, Bogor, Cibubur dan Cikeas.

    Daftar alamat dealer Betrix ada di betrix.co.id/dealer-network.php, tapi nggak tau apakah masih segitu saja jumlah dealer Betrix di Jakarta dan se-Indonesia. Mudah-mudahan makin laku makin banyak dealer-nya di Indonesia.

    BalasHapus
  6. Sekarang gimana pak kondisi sepedanya? Apa ada kendala yg berat dalam perawatan?

    BalasHapus
  7. Sekarang gimana pak kondisi sepedanya? Apa ada kendala yg berat dalam perawatan?

    BalasHapus
  8. Sekarang gimana pak kondisi sepedanya? Apa ada kendala yg berat dalam perawatan?

    BalasHapus