Senin, September 10, 2007

Salah Satu Artikel yang aku buat secara iseng

Pilih : Berkeringat atau Tetap Kering ?

Penggunaan kendaraan bermotor pribadi sudah waktunya untuk dibatasi. Terutama untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya teratur dan terjadwal seperti pergi ke kantor dan pulang ke rumah. Berjalan kaki dan bersepeda adalah solusi yang baik untuk membatasi penggunaan kendaraan bermotor. Namun, berjalan kaki akan sangat sulit dilakukan apabila jarak antara rumah dengan kantor lebih dari 1 kilometer, sehingga bersepeda adalah pilihan yang sangat tepat. Bersepeda tetap dapat dilakukan bahkan bila jarak antara rumah dan kantor sampai 30 kilometer. Di kantor baru, Gedung Ratu Prabu 2, jaraknya dari rumah saya lebih dekat daripada jarak rumah saya ke Menara Mulia ataupun ke Wisma 46. Dengan jarak yang semakin dekat, maka pilihan memakai sepeda pun dapat dilakukan. Tetapi sepeda seperti apakah yang digunakan? Mari kita bahas…



Perjalanan menuju Ratu Prabu 2, tidaklah selamanya datar, ada jalan naik maupun turun. Ada flyover yang dilewati dan juga tanjakan curam sepanjang Jalan T.B. Simatupang. Oleh karena itu, sepeda yang cocok adalah sepeda yang ada transmisinya. Jangan sekali-sekali memilih sepeda tanpa transmisi, atau anda akan cepat sekali merasa lelah, kemudian menyerah dan kapok bersepeda di hari kedua. Jika anda belum mempunyai sepeda semacam ini, maka anda hanya perlu menyisihkan uang sekitar 1 jutaan untuk memperolehnya di toko sepeda terdekat.

Untuk sepeda konvensional, sudah dapat dipastikan si pengendara pasti mengalami mandi keringat ketika sampai di kantor. Bagi yang tidak ingin berkeringat, ada lagi pilihan kendaraan yang juga tidak memakai bahan bakar minyak sebagai sumber tenaganya. Kendaraan itu adalah sepeda listrik. Sepeda listrik ini belum populer dan relatif lebih mahal daripada sepeda biasa. Untuk memperolehnya perlu menyisihkan uang hingga 5 juta rupiah. Keuntungannya, anda tetap bisa melewati tanjakan dan turunan sepanjang Jalan T.B. Simatupang dengan mudah dan kemungkinan besar anda tetap kering ketika sampai ke kantor. Yang pasti, dengan bersepeda ke kantor kita punya kontribusi untuk membantu mengurangi kadar emisi CO2 di udara.

Perusahaan dapat memfasilitasi karyawannya yang bersepeda dengan usaha yang minimal. Untuk karyawan yang menggunakan sepeda biasa, maka perusahaan dapat menyediakan fasilitas kamar mandi dan tempat berganti pakaian yang memadai bagi karyawan untuk mandi dan berganti pakaian agar segar kembali ketika mulai bekerja. Untuk di Ratu Prabu 2, mungkin dapat digunakan fasilitas dari Fitness Center yang tentunya ada kamar mandi dan tempat berganti pakaian.

Sedangkan untuk karyawan yang menggunakan sepeda listrik, perusahaan dapat memfasilitasi karyawannya yang ingin men-charge baterai sepedanya. Sehingga ketika karyawan ingin pulang, baterai sepedanya sudah dalam kondisi full charge..

Di samping itu perusahaan juga dapat menyediakan fasilitas parkir bagi sepeda yang memadai supaya karyawan tidak ragu untuk bersepeda ke kantor. Tentunya dukungan perusahaan adalah hal yang terpenting supaya bersepeda menjadi kebiasaan yang sehat di lingkungan kerja ConocoPhillips Indonesia.

1 komentar:

  1. Mas... Saya pingin ikutan bike2work ke kantor, saya juga di Ratu Prabu 2 di Thiess.. Yang bikin bingung gemana cara mandinya yah disini selain life spa?

    BalasHapus